123, Example Street, City 123@abc.com 123-456-7890 lasantha.wam

Kamis, 19 November 2015

Modul VI



Modul IV : Perencanaan & Perancangan                                          
Tata Letak Fasilitas
Kompetensi Pokok Bahasan :
  • Memahami aspek-aspek yang berkaitan dengan penetapan lokasi fasilitas/pabrik
  • Memahami teknik dan mampu melakukan perancangan tata letak fasilitas produksi
  • Memahami permasalahan yang berkaitan dengan pemindahan bahan (material handling).
  • Memahami macam/type tata letak fasilitas produksi.
Perencenaan & Perancangan Tata Letak Fasilitas
Perencanaan Fasilitas :
-  Perancangan dari fasilitas-fasilitas industri yang akan   dibangun/didirikan, dengan tujuan menempatkan fasilitas-                fasilitas/pabrik yang sesuai dari segi biaya dan keuntungan.
               
Dua hal pokok dalam Perancangan Fasilitas :
-  Perancangan lokasi pabrik
-  Perancangan fasilitas produksi
Penentuan Lokasi Pabrik/Fasilitas :
Lokasi pabrik yang ideal adalah terletak pada tempat yang akan mampu memberikan total biaya dari proses produksi dan distribusi yang rendah serta harga dan volume penjualan produk yang mampu memberikan keuntungan yang maksimal.
Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam penentuan lokasi pabrik :

               
1. Market location                           5. Climate
                2. Raw material location                6. Labor & wage salary
                3. Transportation                             7. Law & taxation
                4. Power                                              8. Water & waste

Model-model Analisa Lokasi Fasilitas
Cara yang dapat dipergunakan untuk menganalisis dan mengambil keputusan untuk memilih lokasi pabrik/ perusahaan.
  Metode Pendekatan

     -  Kontinyu (Penentuan satu/lebih lokasi optimal)

        . Metode Analisa Pusat Gravitasi “Gravity

     -  Analisis Kuantitatif
(Faktor Obyektifitas)
        . Metode Analisis Transportasi Program Linier

     -  Analisis Hibrid
(Kombinasi Faktor Obyektif & Subyektif)
        . Metode  Brown-Gibson”
 
Analisa Pusat Gravitasi :

Dalam metode ini ada dua faktor yang dapat mempengaruhi yaitu :
      -  Lokasi sumber bhn baku/material (input produksi).
      -  Lokasi daerah pemasaran (output produksi).
Dalam metode ini diasumsikan bahwa :
Biaya produksi dan distribusi tidak diperhitungkan (biaya produksi dan distribusi untuk masing-masing lokasi baik dari sumber material, pemasaran menuju lokasi pabrik dianggap sama).

Untuk menganalisa dengan metode ini input yang diperlukan adalah :
-  Kebutuhan/demand produk jadi atau baham baku dari              masing daerah pemasaran atau lokasi sumber bhn baku.  
-  Koordinat geografis dari lokasi pabrik yang direncanakan,          daerah pemasaran ataupun daerah sumber bhn baku.
Fungsi Tujuan adalah :
                        m     n
Minimum f (X,Y) =
å     å Wj . di
                          I=1    j=1

Dimana :
di            = [ ( Xi –aj ) 2 + ( Yi – bj ) 2 ] 1/2
m            = banyaknya alternatif lokasi yang akan dipilih
n             = banyaknya daerah pemasaran/sumber bhn baku
Wj          = Kebutuhan/demand produk jadi atau kapasitas                suplay dari sumber bhn baku.                                                
( Xi ; Yi )                = koordinat alternatif lokasi, 1, 2, 3, 4,…., m
( aj ; bj )                = koordinat lokasi daerah pemasaran atau                              lokasi sumber bhn baku,  1, 2, 3, 4,…., n
Soal Latihan :
    Sebuah perusahaan Elektronik bermaksud mendirikan pabrik baru, berdasarkan hasil studi kelayakan diperoleh alternatif dan jarak koordinat lokasi (dalam satuan puluhan kilometer) sebagai berikut :
       Alternatif lokasi P (-10, 7)
       Alternatif lokasi Q (5, -30)
       Alternatif lokasi R (10, 0)
    Daerah pemasaran yang harus dipenuhi kebutuhannya terletak di 5 (lima) kota dengan koordinat dan kebutuhan masing-masing (dalam satuan ton) sebagai berikut :
   
Daerah Pemasaran :                                                       Demand (ton)
Pemasaran A (2, -15)                                                                      5
Pemasaran B (-5, -10)                                                                     10
Pemasaran C (8, 8)                                                                          8
Pemasaran D (0, -7)                                                                        15
Pemasaran E (-15, 8)                                                                       20


Dengan menggunakan analisa gravitasi, tentukan lokasi perusahaan perminyakan mana yang seharusnya dipilih ?
Metode Kuantitatif
Transportasi Program Linier

Aplikasi metode transportasi digunakan untuk  menentukan pola distribusi yang terbaik dari lokasi pabrik ke daerah pemasaran tertentu. Keputusan yang dipilih didasarkan pada lokasi yang memberikan total biaya terkecil.

Dalam menyelesaikan masalah trensportasi ada beberapa cara/metode yang dapat digunakan  yaitu : cara/metode heuristics, vogel dan north west corner.
Contoh persoalan pemakaian metode transportasi untuk memilih lokasi yang baik.

Perusahan XYZ mempunyai dua pabrik di kota Semarang dan Bandung yang mensuplai produk ke empat daerah pemasaran yaitu : Jogja, Solo, Purwokerto dan Magelang.
Berkaitan dengan permintaan produk yang terus meningkat perusahaan merencanakan untuk membangun sebuah pabrik baru lagi.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Diberdayakan oleh Blogger.